1.     Menurut Bapak bagaimana dampak krisis keuangan global saat ini terhadap PJTKI, khususnya PT Yonasindo Intra Pratama?

 

Ada beberapa TKI kita yang terpaksa di pulangkan oleh user, karena perusahaannya bangkrut dan tidak dapat berjalan. Namun, jumlahnya tidaklah banyak. Kemudian sejumlah pabrik dimana tempat TKI kita bekerja memberlakukan overtime, untuk menghadapi krisis keuangan global ini. Kondisi ini juga menyebabkan pengiriman TKI ke nagara tujuan tempat bekerja mengalami penurunan. Namun hal ini sudah diimbangi dengan mengirimkan tenaga kerja skill dan berpengalaman seperti tenaga untuk welder ke Canada.

 

2.     Langkah apa saja yang telah dilakukan manajemen dalam menghadapi krisis global ini supaya perusahaan bisa bertahan?

 

Dalam permasalahan ini Pihak management telah melakukan antisipasi diantaranya dengan mengutamakan pengirimian tenaga kerja skill ke luar negri, dan kita juga mencari agen-agen baru yang sesuai dengan kriteria perusahaan dan yang bisa dipercaya untuk diajak bekerja sama dalam penempatan TKI kita. Karena untuk Tenaga kerja Skill ini masih dinilai cukup aman untuk beberapa negara penempatan TKI kita. Dalam hal ini kita tidak sembarangan memilih agen, hal ini sesuai dengan komitmen perusahaan untuk memberikan pelayanan yang baik bagi para CTKI yang datang ke Yonasindo.

 

3.     Mengenai peraturan tentang PJTKI dari Depnakertrans, apakah selama ini ada peraturan yang menyulitkan atau merugikan bagi PJTKI?

 

Sejak semula kami sudah komitmen untuk menjadi PJTKI terpecaya di inodonesia, untuk itu kami selalu memenuhi setiap aturan-aturan yang ditetapkan oleh pemerintah. Hanya saja kami lebih berharap untuk proses birokrasinya di permudah. Dan kami memberikan apresiasi yang sangat besar kepada BNP2TKI yang sudah banyak melakukan improvisasi untuk berkembangnya PJTKI-PJTKI yang ada di Indonesia ini.

 

4.     Prosedur-prosedur apa saya yang telah dilaksankan PT Yonasindo dalam mematuhi peraturan dari Depnakertrans?

 

Untuk Prosedur kita mematuhi semua ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah mulai dari masalah sertifikasi, administrasi, pajak, standar penampuangan atau BLK-LN, juga standar tes ujian kompetensi.

 

5.      Apa kendalanya selama ini dalam mengirim TKI ke luar negeri?

 

Ada bebarapa hal/kendala yang sering kita alami dalam mengirimkan TKI kita keluar negeri, diantaranya perubahan regulasi pemerintah. misalnya naiknya harga yang ditetapkan dalam mengurus dokumen-dokumen TKI sehingga ini mengakibatkan kenaikan juga pada ongkos produksi kita. Dan dalam hal ini juga berimbas pada kenaikan biaya yang harus dikeluarkan oleh TKI, sehingga seringkali ketika TKI sudah mendapatkan job order namun ada kenaikan biaya ini, TKI kita tidak siap/mampu bayar, sehingga pengiriman mengalami penundaan.

Kemudian juga secara umum masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak percaya dengan PJTKI. Hal ini tidak lepas dari pengalaman selama ini, dimana banyak PJTKI yang dikelola tidak dengan baik dan benar, dan juga banyak TKI yang merasa di bohongin oleh PJTKI-PJTKI yang ada. Hal ini ditambah lagi dengan banyaknya kasus untuk pengiriman TKI ilegal oleh PJTKI  bermasalah atau tidak memiliki kelengkapan dokumen. Sehingga image masyarakat Indonesia secara umum terhadap PJTKI menjadi buruk. Untuk hal ini kami berharap pemerintah turut andil dalam merubah image masyarakat umum terhadap PJTKI saat ini.

 

6.     Bagaimana cara PT Yonasindo Intra Pratama mendapatkan permintaan (order) dari luar luar negeri? Misalnya dari Kanada.

 

Dalam mendapatkan Job Order dari luar negri kita memanfaatkan relasi kita yang ada diluar negri dan kemudian kita juga mencari sendiri agen agen yang sesuai dengan kriteria yang sudah kita tentukan untuk diajak berkerja sama dalam penempatan TKI kita. Dalam hal ini kita tentu saja berusaha menunjukkan bahwa perusahaan kita adalah perusahaan yang legal dan memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan pemerintah serperti sertifikasi, administrasi dan lain sebagainya. Kami juga memiliki komitmen untuk memenuhi Standar Internasional untuk Manajemen Mutu ISO 9001:2000 yang sudah kami dapatkan pada tahun 2001 dari KEMA dan pada tahun 2006 dari SGS. Dan kita juga menjamin ketersediaannya TKI yang memiliki skill sesuai yang dibutuhakan oleh industri.

 

7.     Saat ini PT Yonasindo Intra Pratama sudah berapa banyak mengirimkan TKI ke luar negeri? Dan ke negara mana saja?

 

Saat ini PT. Yonasindo sudah mengirimkan lebih dari 15.000 TKI sejak Januari 2008 yang tersebar ke bebarapa Negara tujuan yaitu Taiwan, Hongkong, Singapura, dan Canada.

 

8.      Menurut Bapak, apa yang perlu diperbaiki Depnakertrans mengenai prosedur atau proses penempatan TKI ke luar negeri?

 

Menurut saya depnakertrans juga harus menyiapkan iklim yang kondusif bagi berkembangnya PJTKI di Indonesia. Dalam hal ini kami berharap kemudahan untuk prosedur ataupun proses penempatan TKI keluar ke negeri, dan kemudahan untuk TKI dalam mengakses layanan dari kedutaan pemerintah Indonesia yang ada diluar negeri. Kemudian untuk di dalam negeri kami berharap pemerintah mengumumkan kepada masyarakat ada berapa banyak PJTKI legal yang tercatat di BNP2TKI, kemudian ada berapa banyak TKI yang sudah dikirimkan oleh PJTKI tersebut dan ada berapa banyak TKI bermasalahnya dan juga jenis pekerjaannya apa, beserta negara tujuannya. Sehingga hal ini memberikan pilihan baru bagi masyarakat untuk merencanakan masa depannya dan menjadi sebuah persaingan yang sehat bagi para PJTKI yang ada di Indonesia. 

 

9.      Bagaimana PT Yonasindo Intra Pratama memberikan perlindungan kepada para TKI yang dikirim ke luar negeri?

 

Untuk TKI kita, kita memberikan perlindungan berupa asuransi dan juga advokasi. Untuk asuransi seperti kesehatan dan kecelakaan bekerja. Kemudian untuk advokasi dalam hal ini apabila TKI kita mendapat perlakukan yang tidak menyenangkan dari Perusahaan atau dari majikannya, maka kita akan melakukan klarifikasi masalah terlebih dahulu, dan apabila dalam hal ini TKI kita dirugikan karena tindakan dari majikan atau perusahaan yang tidak sesuai dengan prosedur atau perjanjian yang sudah kita sepakati, maka kita melakukan pembelaan  terhadap TKI. Dalam hal ini kita bisa meminta Hak-hak TKI kita untuk dipenuhi atau melalui konpensasi dari perusahaan tempat ia bekerja.

For A Better Life

© 2023 by Nick Martinez. Proudly created with Wix.com

  • Facebook Social Icon

Email: info@yonasindo.com                              Phone:  021-5576-9656